Anak-anak dan Harapan

0
47
Idham Khalid memberi sambutan di acara Hari Anak Internasional di Jakarta, Selasa(21/11)

Setiap 21 November diperingati hari Anak Internasional. Indonesia termasuk pihak yang merayakan hari anak internasional ini.

Wartapilihan.com, Jakarta –Idham Khalid selaku aktivis dari Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) menyampaikan sambutannya pada acara Hari Anak Internasional yang bertajuk ‘Konsumsi Sayur dan Buah Anak Cerdas’, di Jakarta, Rabu, (22/11/2017).

Ia mengatakan tentang hal krusial berupa Undang-undang Perlindungan Anak nomor 23 tahun 2002.

“UU tersebut menyebutkan bahwa setiap orang yang melakukan kekejaman, kekerasan atau ancaman kekerasan, atau penganiayaan terhadap anak, dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 tahun 6 g dan/atau denda paling banyak Rp 72.000.000,00 (Pasal 80),” kata Idham.

Dalam hal ini, lanjutnya, jika anak korban kekerasan sebagaimana dimaksud diatas mengalami luka berat, maka pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun dan/atau denda paling banyak Rp 100.000.000,00.

“Selain pelaku kekerasan, ternyata setiap orang yang membiarkan atau tidak memberikan bantuan kepada anak yang berada dalam keadaan bahaya kekerasan juga dapat dipidana 5 tahun penjara dan denda 100 juta (Pasal 80 UU 23/2002),” tutur Idham.

Ketentuan ini, menurut dia, berlaku pada siapapun yang membiarkan kekerasan terjadi pada seseorang anak, termasuk jika pembiaran dilakukan oleh anggota keluarga maupun tetangga sekitarnya.

“Dari penjelasan diatas saya berharap tidak ada lagi orang yang cuek melihat tetangganya atau anggota keluarganya disiksa atau menjadi korban kekerasan terhadap anak,” tandasnya.

Ia menghimbau agar masyarakat berupaya menghentikan atau melaporkan jika melihat kekerasan terjadi pada anak-anak.

Sementara itu, Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta turut meramaikan tagar #HariAnakNasional dengan menuliskan status di media sosialnya. “Mata mereka berkilau menawarkan masa depan, langkah kecil positif mereka di setiap pojok Jakarta akan membawa perubahan,” tutur Anies.

Ia juga menpersuasi publik agar melakukan komitmen bersama. “Mari teguhkan komitmen bersama untuk jadikan kota ini lebih baik bagi diri mereka dan bagi anak cucu mereka.” tandasnya.

Pejabat lain, Dedy Mulyadi selaku Bupati Purwakarta turut meramaikan tagar tersebut di linimasa. “Anak-anak masa kini, memiliki tanggung jawab yang sama sekali tidak kecil. Hari ini mereka kita gendong, kelak mereka harus mampu menggendong kita di hari tua. Selamat Hari Anak Sedunia,” imbuh Dedy.

Eveline Ramadhini

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here