Jamkrindo Syariah Gandeng Baznas Kembangkan Zakat Untuk UKM

0
23
Jamkrindo Syariah menyerahkan zakatnya kepada Baznas di lokasi Z Mart Bojong Gede, Bogor hari ini (6/7). Foto : Izzadina

Wartapilihan.com, Bogor – PT Penjaminan Jamkrindo Syariah menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengembangkan zakat yang menyasar pada pemberdayaan ekonomi, khususnya usaha kecil menengah. Jamkrindo memberikan zakat kepada Baznas tahun ini sebesar 170.261.823 rupiah.

Zakat yang ditunaikan Jamkrindo Syariah menambah daftar perusahaan yang telah menunaikan zakat ke Baznas. ”Ini juga menjadi bukti tumbuhnya perusahaan syariah di Indonesia, menyusul gaya hidup syariah masyarakat Indonesia kini. Baznas berterima kasih kepada Jamkrindo Syariah yang telah memberikan teladan pelaksanaan zakat perusahaan di Indonesia,”kata Direktur Baznas Arifin Purwakananta di Bojong Gede, Bogor hari ini (6/7).

Penyerahan dana akat Jamkrindo Syariah dilaksanakan di lokasi Z-Mart di Bojong Gede. Z-Mart merupakan minimarket yang memiliki konsep pemberdayaan untuk kalangan kurang mampu, baik untuk para pedagang maupun pembelinya.

Z-Mart dijalankan oleh kelompok mustahik yang telah diverifikasi kelayakannya oleh Baznas. Di Bojong Gede ini Baznas memberikan bantuan sekitar 13,5 juta untuk pengembangan warung kelontong yang dijaga oleh seorang ibu. “Omzetnya warung itu kini satu juta rupiah per hari,”kata ibu penjaga toko itu kepada wartawan. Kini ada sekitar sembilan Z-Mart di wilayah Bogor, Jatinegara, Tangerang dan lain-lain.

Arifin juga menyatakan bahwa dengan penyaluran zakat ke ukm, maka diharapkan masyarakat menjadi mandiri dan ekonomi umat menjadi kuat. “Karena kalau diberikan dalam bentuk tunai maka akan cepat habis,”jelasnya.

Sementara itu, alasan Jamkrindo Syariah memberikan zakatnya kepada Baznas, karena mereka melihat Baznas adalah lembaga yang terpercaya dalam pengelolaan zakat. “Selain itu dengan menyerahkan zakat ke Baznas maka dapat mengurangi pajak,”terang Direktur Keuangan Jamkrindo Syariah, Endang Sri Winarni. ||

Izzadina

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here