Cawapres Adalah Kunci Sukses?

by

Dunia Maya (dumay) dalam beberapa hari ini begitu gaduh dengan issue PILPRES 2019, tepatnya issue Cawapresnya. Sejauh ini, kalau calon presidennya hampir bisa dipastikan ada 2, Jokowi (petahan) dan Prabowo. Tapi, siapa cawapresnya?

Wartapilihan.com, Jakarta— Pertarungan opini yang lebih dinamis terutama di dunia maya adalah mengenai Cawapres. Saling tuduh ‘deadlock’, saling tuduh tidak solid,  saling menunggu, adalah dinamika pertarungan yang terjadi saat ini. Bagaimana pertarungan ini tergambar di jagat maya? DR. Munawar, Pakar IT dari Universitas Esa Unggul memaparkan pendapatnya. Berikut penuturan Beliau:

Pilpres 2019 ternyata menarik untuk dicermati.  Hingga saat ini Prabowo ternyata masih diunggulkan untuk bersaing dengan petahana Jokowi di pilpres mendatang. Dengan dukungan penuh media mainstream, rasanya berat buat Prabowo untuk bisa memenangkan pilpres mendatang kalau tidak di dampingi cawapres yg bisa mendulang suara.

Berikut ini adalah suara dari Twitter tentang siapa yg layak mendampingi Prabowo untuk mengalahkan petahana Jokowi. Data diambil dengan teknik SNA sampai dengan tangal 3 Agustus 2018.

Dengan keyword :
* Prabowo – UAS 42.587
* Prabowo – AHY 23.549
* Prabowo – Salim 14.783

Prabowo – Salim

Dari data tersebut masyarakat dumay (dunia maya) beranggapan bahwa bila Prabowo berpasangan dengan UAS, peluang Prabowo paling besar untuk bisa bersaing dengan petahana, meski didukung media mainstream. Tinggal bagaimana tim sukses Prabowo memainkan semua lini baik medsos maupun dunia nyata agar bisa menang.

“Kita lihat saja bersama gimana hasilnya nanti ya…”, pukas Ahli Big Data Management ini.

Abu Faris