Kampung Adat Sinaresmi-Sukabumi Diterjang Longsor

by
Sumber Foto: hilmi_FPI

Innalillahi wainnailahi rojiun. Longsor yang melanda Kampung Adat Sinaresmi, Cisolok Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi kemarin (pukul 17.30, 31 Desember 2018), sejauh ini sebanyak kurang lebih 29 rumah tertimbun dan baru 8 jenazah ditemukan.

WartaPilihan.com, Depok— Demikian pantauan Tim Relawan HILMI-FPI di lokasi. Pantauan penulis di jagat maya, relawan FPI mungkin yang paling duluan sampai di lokasi. Lembaga-lembaga kemanusiaan terkemuka seperti Akun PMI Sukabumi, Aksi Cepat Tanggap (ACT), Laznas Dewan Dakwah, sejauh ini belum dapat update langsung dari lokasi. Akun dompet dhuafa membagi informasi dengan re-tweet akun Sutopo_PN. Demikian pantauan di jagat twitter sampai pukul 06.00, 1 Januari 2019.

Akun @sutopo_PN melaporkan: Longsor terjang dan timbun puluhan rumah di Kampung Cimapag, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi pada 31/12/2018 sore. Cuaca hujan. BPBD dan aparat menuju lokasi longsor untuk melakukan evakuasi korban dan penanganan darurat.

Longsor perbukitan meluncur mengikuti lereng dan menimbun sekitar 34 rumah kampung adat di Kampung Cimapag, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi pada 31/12/2018. Tim SAR gabungan  menuju lokasi bencana. Evakuasi terkendala cuaca hujan, gelap dan komunikasi.

Evakuasi korban longsor terus dilakukan di Desa Sirnaresmi Kec Cisolok Kab Sukabumi. Hingga 1/1/2019 pukul 02.30 WIB tercatat 32 KK (107 jiwa) terdampak longsor dimana: – 2 orang meninggal dunia. – 3 orang luka-luka. – 61 orang di pengungsian. – 41 orang belum ditemukan.

Abu Faris