Membakar Lemak dengan Aman

by

Frustasi karena sulit menghilangkan lemak di tubuh sehingga ingin minum pil pelangsing? Sebaiknya dipertimbangkan kembali karena ada cara yang lebih aman dan efektif daripada mengonsumsi pil pelangsing.

Wartapilihan.com, Jakarta — “Jangan cepat tergiur pil pelangsing untuk menurunkan berat badan dan membakar lemak di tubuh. Ada berbagai efek samping yang mungkin terjadi, mulai dari insomnia, mual, muntah, peningkatan tekanan darah dan detak jantung,” kata dr. Allert Noya.

Ada berbagai cara membakar lemak yang efektif dan praktis untuk rutin dilakukan. Hal yang diperlukan yaitu strategi yang tepat agar lemak tubuh yang mengganggu penampilan dapat lenyap seiring berjalannya waktu.

Menurut dr. Allert Noya, melakukan olahraga aerobik dan latihan kekuatan dapat menjadi salah satu cara membakar lemak tubuh yang bisa menjadi pilihan adalah rutin melakukan olahraga aerobik.

“Lakukan olahraga ini secara rutin setiap hari selama 30 menit untuk membakar lemak dan membuat tubuh tetap fit. Pilihan olahraga aerobik sangat beragam, mulai dari jalan cepat, bersepeda, hingga berenang,” kata dr. Allert, Rabu, (21/11/2018), berdasarkan laman alodokter.com.

Selain olahraga aerobik, dia juga menyarankan untuk melengkapinya dengan latihan kekuatan. Latihan kekuatan bermanfaat dalam membantu pembentukan otot yang semakin menurun seiring pertambahan usia. Otot akan membakar lebih banyak kalori, termasuk lemak membandel pada tubuh.

“Selain menyediakan energi, ada pula beberapa jenis makanan yang membantu membakar lemak. Menurut penelitian, makanan yang mampu membantu membakar lemak, di antaranya makanan yang mengandung serat, asam lemak tak jenuh tunggal, dan asam linoleat terkonjugasi atau conjugated linoleic acid (CLA),” terangnya.

Beberapa jenis makanan tersebut terdapat pada yoghurt rendah lemak, beragam buah beri, sereal gandum, flaxseed, dan teh hijau. Makanan khas Jepang, yaitu sushi roll merupakan salah satu pilihan makanan pembakar lemak yang lezat.

“Nasi yang kaya dengan pati resisten, dilengkapi dengan ikan sebagai sumber asam lemak omega-3 dan alpukat, sebagai sumber asam lemak tak jenuh tunggal. Tapi ingat, perhatikan porsi makanan yang dikonsumsi tetap tidak boleh terlalu banyak,” tegas dia.
Membiasakan hidup aktif yang membuat bergerak sangat penting dalam cara membakar lemak yang efektif. Dia merekomendasikan untuk bergerak lebih banyak saat beraktivitas sehari-hari.

“Saat di kantor, pilih jalur turun atau naik menggunakan tangga dibanding lift atau eskalator. Anda juga dapat memanfaatkan waktu libur untuk mencuci mobil, mengerjakan tugas rumah, ataupun berkebun sebagai hobi yang membuat Anda aktif bergerak,”

Cara membakar lemak yang paling efektif pun memerlukan beberapa waktu sebelum menunjukkan hasilnya. Beragam aktivitas olahraga, hidup aktif dan perubahan menu makanan, akan mulai menampakkan perubahan pada tubuh sekitar beberapa bulan.

Demikian juga jika seseorang sudah memasuki usia 30-40 tahun, sulit untuk mengembalikan penampilan seperti saat berusia 20-an tahun.

“Sebab saat usia meningkat, maka akan terjadi penurunan elastisitas kulit, massa otot dan kemampuan metabolisme, sehingga cara membakar lemak harus dilakukan dengan kesungguhan dan ketekunan,” pungkasnya.

 

Eveline Ramadhini