Menegakkan Asas Peradaban

by
foto:istimewa

Judul : Untaian Syair Baru Tentang Adab Murid dan Guru
Penulis : Dr. Muhammad Ardiansyah M.Pd.I
Penerbit: Attaqwa, Depok, 2018, xii+111 halaman
Sampul : Hard Cover

Masalah terbesar umat Islam saat ini adalah hilangnya adab (the loss of adab). Begitu menurut Ilmuwan Muslim Melayu, Syed Muhammad Naquib al-Attas. Meski disampaikan lebih dari empat puluh tahun yang lalu, teori ini tetap relevan hingga kini. Hal itu karena adab adalah asas peradaban. Jika asasnya hilang, maka peradaban tidak akan pernah berdiri tegak.

Wartapilihan.com, Jakarta –-Jika dikatakan adab itu hilang, artinya adab itu pernah ada. Sejarah mencatat memang adab itu pernah wujud dalam peradaban Islam. Bukan hanya berupa konsep atau teori, tapi juga aplikasi yang sudah terbukti. Rasulullah SAW sebagai pendidik terhebat telah melahirkan manusia yang beradab pada masanya. Kemudian sosok manusia beradab itu berlanjut pada masa berikutnya, di era Tabi’in dan Tabi’it Tabi’in.

Sejarah juga mencatat bahwa para ulama sangat memperhatikan masalah adab dalam pendidikan. Bukti perhatian para ulama itu berupa karya ilmiah yang membahas adab secara luas. Sebut saja Adab al-Dunya wa al-Diin karya Imam al-Mawardi, al-Adab fi al-Diin karya Imam al-Ghazali, al-Tibyan fi Adab Hamalat al-Qur’an karya Imam al-Nawawi, sampai Adab al-Alim wa al-Muta’allim karya Hadratusy Syeikh KH Hasyim Asy’ari. Di era modern ini pun karya ilmiah yang membahas masalah adab masih belum berhenti dikaji.

Untuk melanjutkan tradisi para ulama, Pengasuh Ponpes at-Taqwa Depok, Ust Dr Muhammad Ardiansyah, juga menulis buku tentang adab. Buku ini mengandung adab-adab penting untuk penuntut ilmu dan ahli ilmu yang disarikan dari karya para ulama. Disusun dalam bentuk syair dengan bahar rajaz yang dikenal dalam ilmu arudh.

Buku ini terdiri dari empat bab. Pertama, tentang adab dan ilmu menurut Islam. Kedua, tentang adab murid yang mencakup adab terhadap diri sendiri, adab kepada guru, dan adab kepada pelajaran. Ketiga, Adab guru yang mencakup adab kepada diri sendiri, adab ketika di mengajar, dan adab kepada murid. Bab keempat tentang teladan dalam adab yang menceritakan sebagian kisah hidup para ulama sejak era klasik sampai modern. Selain itu, di dalam buku ini juga disertakan puluhan hikmah para ulama yang berkaitan dengan adab dan ilmu.

Secara umum buku ini ringan dibaca, mudah dihapalkan, bisa dinyanyikan dan layak jadi panduan di setiap jenjang pendidikan. Jika lebih tebal, mungkin manfaatnya bisa lebih banyak. Meski demikian, In syaaAllah buku ini layak menjadi salah satu wasilah untuk mewujudkan pendidikan yang beradab di Indonesia.

ADS