Perguruan Tinggi Islam Yang Ideal

by
foto:istimewa

Oleh : Dr Adian Husaini

Di Klinik Pendidikan Keluarga kali ini Dr Adian Husaini membahas tentang perguruan tinggi yang terbaik. Simak penuturannya :

Wartapilihan.com, Depok –Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Teman teman semua dalam Klinik Pendidikan kita kali ini saya ingin berbagi cerita, kebetulan saya sekarang sedang berada di daerah wisata Brastagi. Disini ada Prof Wan Mohammad Noor, ada Prof Ratnawati, ada teman-teman dari yayasan Raudhoh Hasanah salah satu pesantren besar di Medan.

Kami membahas bagaimana cara meningkatkan kualitas pendidikan tinggi Islam. Ini yang sering saya sampaikan juga di beberapa kampus Islam.

Pertama, kita ini sebagai umat Muslim yang bergerak di bidang pendidikan tinggi pertama-tama kita harus punya Himmah atau cita-cita yang tinggi, punya harapan dan semangat untuk menjadikan kampus kita sebagai kampus yang terbaik.

Kampus yang terbaik adalah kampus yang melahirkan manusia-manusia terbaik, bermanfaat dan baik serta melahirkan cendekiawan-cendekiawan yang bisa berjuang dengan baik.

Hal pertama yang harus ditanamkan adalah konsep adab bukan pada anak-anak saja namun sampai tingkat mahasiswa dia harus berjuang melahirkan sarjana-sarjana yang beradab. Jadi, jangan sampai sarjana kita sudah dapat ilmu yang tinggi tapi adabnya tidak baik, dia tidak tahu adab pada Tuhan, Nabi, para ulama, guru, dirinya sendiri, keluarga, sesama Muslim misalnya mudah mengkafirkan sesama Muslim.

Adab itu begitu luas, di perguruan tinggi Islam seharusnya yang menjadi pelopor dalam menegakkan adab ini. Dalam perguruan tinggi Islam ini kita mengharapkan lahir sarjana-sarjana yang beradab, berilmu, dan berakhlak mulia.

Alhamdulillah, jumlah perguruan tinggi Islam di Indonesia sudah mencapai 700 kalau tidak salah dan merupakan yang terbesar di dunia. Harapan kita sangat besar dan saya secara pribadi berterima kasih dan bersyukur bisa berada di tempat baik ini di majelis yang mulia bersama orang-orang yang keras dan punya cita-cita yang tinggi untuk membangun perguruan tinggi Islam untuk menjadi perguruan tinggi yang baik, sebagai tempat mendidik anak-anak kita yang sholeh, baik, cinta ilmu dan tahu bagaimana menerapkan ilmunya di tengah masyarakat.

Demikian Klipik kali ini bagaimana kita membangun perguruan tinggi kita sesuai cita-cita pendirinya. Pendirinya punya cita-cita yang mulia menciptakan perguruan tinggi yang unggul, baik, mendidik para mahasiswa menjadi sarjana-sarjana yang sholeh. Jangan sampai kita tidak bisa menjalankan amanah itu dan amanah yang kita emban itu sangat berat semoga kita bisa mengembannya dengan baik. Jangan sampai kita tidak punya himmah atau cita-cita yang tinggi dan menjadi yang biasa-biasa saja. Rasulullah SAW mendidik kita semua bagaimana menjadi khairu ummah atau umat yang terbaik. II